Kendari (ANTARA) - Konferensi Daerah (Konferda) V Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu, Abu Hasan resmi menjadi Ketua DPD PDIP Sultra periode 2019-2024 menggantikan Hugua.

Abu Hasan dilantik oleh Wakil Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP Bidang Pariwisata Wiryanti Sukamdani, didampingi Ketua DPP PDI Perjuangan Mindo Sianipar.

Ketua DPP PDI Perjuangan Mindo Sianipar mengatakan, terdapat beberapa pertimbangan yang dijadikan patokan untuk menentukan ketua DPD PDIP Sultra.

"Pengusulan ketua DPD itu, pertama ada usulan dari DPC atau DPD atau DPP, jadi dalam pengambilan keputusan bukan hanya itu yang dilihat, ada yang lain-lain lagi yang dilihat," kata Mindo Sianipar, di Kendari, Sabtu.


Ketua DPD PDIP Sultra sebelumnya Hugua menuturkan, alasan pergantian karena perlu adanya regenerasi dalam suatu jabatan.

"Saya ini kan sudah 10 tahun menjabat, sudah waktunya regenerasi jadi kita melihat kader-kader yang memenuhi, tentu semua diusulkan digodok ke DPP, ini hasil musyawarah
mufakat," kata Hugua.
  Pembacaan janji jabatan masa kepemimpinan PDIP Sultra 2019-2024 (ANTARA/Harianto)

Abu Hasan sebelumnya menjadi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Buton Utara, dan digantikan oleh Ahmad Afif Darvin. Sedangkan Sekretaris PDIP Sultra dijabat Hasrat dari DPC Bombana dan Bendahara diduduki oleh Nursalam Lada.

Terpilihnya Abu Hasan sebagai Ketua DPD PDIP Sultra sempat mengagetkan kader PDIP lainnya, mengingat Abu Hasan tidak diunggulkan. Nama-nama yang diusulkan ke DPP PDIP di antaranya Rusman Emba, Lukman Abunawas, Hugua, termasuk Abu Hasan.  

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024