Makassar (ANTARA) - Jemaah calon haji Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2019 yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 23 UPG tiba di Asrama Haji Sudiang Embarkasi Makassar dari Bandara Haluoleo Kendari, Senin.

Jamaah calon haji Kendari adalah yang diberangkatkan perdana dari Sultra dan pertama memasuki Asrama Sudiang serta menunggu penyerahan secara resmi kepada PPIH embarkasi Makassar pada 23 Juli 2019 dan akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada 24 Juli 2019.

Pada kloter 23 UPG tersebut terdapat jamaah yakni Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir sebagai Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) bersama Danlanud Kendari juga sebagai TPHD.

"Saya mendapat amanah dari Gubernur Sultra untuk menjadi bagian jamaah calon haji Kota Kendari sebagai TPHD untuk turut mendampingi mereka di Tanah Suci," kata Sulkarnain di Asrama Sudiang Makassar.

Ia berharap, semoga jamaah Kota Kendari senantiasa menjaga kesehatan semoga seluruh prosesi haji bisa dilaksanakan dengan baik dan kembali ke tanah air menjadi haji mabrur.

"Jumlah jamaah haji Kendari adalah yang terbanyak dari seluruh kabupaten kota di Sultra, tahun ini bertambah dari tahun lalu yakni dari 566 orang pada tahun 2018 menjadi 647 orang pada 2019," katanya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Abdul Kadir, mengatakan jamaah calon haji asal Kota Kendari terdiri dari 222 orang pria dan 425 orang wanita dengan total 647 orang atau lebih banyak jumlahnya dibanding tahun 2018 hanya 566 orang.

Jamaah calon haji tertua asal kota Kendari berusia 99 tahun atas nama Bani Hasan bin Badui, sedangkan calon haji termuda berusia 21 tahun atas nama Muhammad Dandi Darmawan bin Adnan.

"Jamaah haji asal Kendari terbagi dalam tiga kloter yakni Kloter 23 UPG berjumlah 450 orang, kloter 24 UPG 107 orang dan kloter 25 UPG berjumlah 93 orang," ujarnya.

 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024