Kendari (ANTARA) - Kodim 1417 Kendari bersinergi dengan Universitas Indonesia (UI) menggelar bakti sosial peduli korban banjir di Kabupaten Konawe Utara,i Sulawesi Tenggara.

Dandim 1417 Kendari Letkol Inf Fajar Lutvi Haris Wijaya di Kendari, Jumat, mengatakan 
mahasiswa UI dari sejumlah jurusan menggelar beberapa kegiatan sosial yang menyentuh korban banjir di Konawe Utara.
 
"Pengobatan gratis, memberikan bantuan langsung  dan uji coba  air sumur untuk penerapan teknologi penjernihan air menggunakan tenaga surya wujud kepedulian UI," kata Dandim Fajar Wijaya.

Ia menambahkan kehadiran adik mahasiswa UI sangat membantu korban terdampak bencana banjir khususnya di Kabupaten Konawe Utara. 

"Inilah saatnya adik mahasiswa UI memberikan dharma baktinya kepada masyarakat seperti memberikan pelayanan medis, pemulihan trauma dan tim teknik yang menerapkan  teknologi  penjernihan air," ujarnya. 

Bantuan yang diberikan fakultas UI sifatnya tidak hanya jangka pendek tapi bersifat jangka panjang yaitu penerapan pengolahan air jernihnya.

Ketua tim UI Peduli Teuku Ashar mengatakan bakti sosial UI peduli korban bencana adalah kegiatan rutin dibawah naungan direktorat riset dan pengabdian masyarakat yang  pernah dilakukan di seluruh Indonesia,  seperti di Sentani, Lampung dan Banten.

"Kali ini di Konawe Utara, kami kerjasama dengan Kodim 1417/Kendari. Ini sebagai Wujud kepedulian mahasiswa UI kepada warga masyarakat yang tertimpa bencana alam," kata Teuku. 

Mahasiswa UI melayani pemeriksaan kesehatan secara gratis bagi warga korban bencana banjir, di empat posko tenda pengungsian, yakni psko Asera, posko Wanggudu Raya, posko Tangguluri dan posko Walalindu, papar Ashar.

 

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024