Baubau (ANTARA) - Ribuan penumpang arus balik Lebaran 1440 Hijriah masih memadati Pelabuhan Murhum Kota Baubau, Sulawesi Tenggara menunggu kapal milik PT Pelni yang dijadwalkan akan sandar pada Rabu.

Tiga unit armada Pelni yang dijadwalkan sandar pada hari yang bersamaan tapi waktu yang berbeda itu yakni KM Sinabung, KM Dorolonda dan KM Lambelu.

Pemantauan Antara, tidak sedikit calon penumpang yang menunggu untuk berangkat melalui moda transportasi laut itu terpaksa duduk dan berbaring dengan menggelar tikar di depan terminal ruang tunggu pelabuhan tersebut.

Bahkan, sebagian penumpang rela berpanas-panasan dibawah terik matahari untuk menunggu kapal milik perusahaan BUMN itu.

Baca juga: Pelabuhan Baubau urutan ke-7 terpadat di Indonesia selama Lebaran

Menurut salah seorang penumpang Asrun (37) mengatakan, ramainya penumpang saat arus mudik dan balik Lebaran merupakan hal biasa. Masyarakat yang berada diperantauan pasti akan pulang kampung pada perayaan Lebaran Idul Fitri.

"Saya dan keluarga kemarin Lebaran dikampung. Hari ini kami mau berangkat ke Ternate lagi," ujar penumpang KM Sinabung ini.

Ditambahkannya, saat mudik ia bersama keluarganya juga menumpangi kapal Pelni dengan kondisi arus penumpang yang sangat ramai.

Baca juga: Polres-BNN lakukan tes urine pengemudi dan penumpang bus AKAP
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024