Baubau (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, membina Unit Pengumpul Zakat (UPZ) untuk kelancaran kegiatan pembinaan pengelolaan zakat daerah itu.

Kepala Kantor Kemenag Baubau, Rahman Ngkaali, di Baubau, Selasa mengatakan, pembinaan UPZ pada tingkat Kecamatan Sorawolio untuk memastikan agar orang-orang mengeluarkan zakat infaq sadaqah dapat memberi kepercayaan pada UPZ atau Baznas sebagai amil pemegang amanah lembaga penerima zakat, infaq dan sadaqah umat.

"Sehingga yang pingin kami sampaikan adalah penggunaan dan pemanfaatan dana zakat, infaq sadaqah, Insya Allah dapat bermanfaat bagi umat," ujarnya.

Dia juga mengatakan, kegiatan peluncuran Gerobak Bakso Halal (GBH) beberapa waktu lalu yang diberikan kepada masyarakat melalui Kantor Urusan Agama dengan sumber anggarannya dari zakat da infaq pegawai Kantor Kementerian Agama Baubau.

"Poinnya setelah kita launching, alhamdulillah Pemda Baubau merespon baik saat itu, alhasil Pemda telah mengeluarkan surat edaran zakat, infaq dan sadaqah bagi PNS daerah Baubau," katanya.

Menurutnya, pengelolaan dana zakat, infaq dan sadaqah itu sering disampaikan pada Pemda agar kegiatan- kegiatan keagamaan dapat dikembangkan dengan anggaran yang bersumber dari infaq dan sadaqah.

"Olehnya itu, berkaitan dengan kegiatan ini saya ingin sampaikan kenapa UPZ untuk kita genjot atau dorong agar maksimal pemanfaatannya," ujarnya.

Rahman juga mengimbau, kepada masyarakat agar membayar zakat fitrah, infaq, sadaqah melalui UPZ di masjid-masjid.

Oleh karena itu diharapkan para UPZ berkoordinasi dengan lurah- lurah, RT/ RW agar data tepat dan tepat didistribusi atau dibagi zakat infaqnya sesuai besaran zakat pada mustahiq atau penerima zakat.

"Soal pelaporan, intinya kita lakukan kegiatan pengumpulan zakat karena kita diberi kepercayaan oleh Pemda Baubau sehingga kita harapkan dapat menjalankan tugas dengan baik sesuai aturan yang berlaku," ujarnya.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024