Kendari (ANTARA) - Badan Sar Nasional (Basarnas) Kendari mengerahkan 119 personel dalam rangka siaga khusus lebaran 2019 Masehi pada sejumlah titik lokasi wisata di daerah itu.

Kepala Basarnas Kendari, Junaedi, di Kendari, Kamis mengatakan personil tersebut akan mulai bertugas pada titik-titik yang telah ditentukan mulai 28 Mei sampai dengan 13 Juni 2019.

"Adapun tempat atau titik siaga personil Basarnas diantaranya bandara, Terminal, Pelabuhan dan tempat-tempat wisata yang diperkirakan padat pengunjung pada saat libur," katanya.

Dikatakan, untuk mendukung kajian tersebut maka seluruh fasilitas dan sarana baik darat maupun laut yang dimiliki Basarnas akan digunakan atau dimanfaatkan.

"Tujuan dari pelaksanaan siaga khusus ini agar terwujudnya pelayanan pencarian dan pertolongan yang cepat, tepat, aman dan handal untuk mendukung serta membantu unsur-unsur terkait diseluruh wilayah kerja Basarnas Kendari," katanya.

Ia juga menyebutkan, jumlah musibah yang ditangani Basarnas Kendari di tahun 2019 yakni 24 musibah dengan rincian 11 kecelakaan kapal, 10 kondisi membahayakan jiwa manusia, 3 bencana alam.

"Sedangkan jumlah korban di tahun 2019 yakni 1.019 orang selamat, 4 orang meninggal dan 2 orang tidak diketemukan," katanya.


Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024