Kendari (ANTARA) - Sekolah Keberbakatan Olah Raga (SKO) Sulawesi Tenggara, saat ini tengah melakukan seleksi calon siswa atlet dari berbagai daerah, untuk mengisi kuota siswa atlet berprestasi sebanyak 70 orang.

Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Sultra Asrun Lio melalui kepala SKO Ali Imran di Kendari, Selasa mengungkapkan, seleksi calon siswa atlet dilakukan sesuai ketentuan yang ditetapkan Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora).

“Atlet yang diseleksi ini, merupakan hasil penjaringan yang dilakukan Dispora Kabupaten/Kota, dan diseleksi ulang ditingkat provinsi untuk mencari calon atlet terbaik,” kata Ali Imran.

Ali Imran menambahkan, rekrutmen calon siswa SKO, terdiri dari empat cabang olah raga, yakni Dayung, Pencak Silat, Sepak Takraw dan cabang Atletik.
  Suasana para siswa di SKO Ranomeeto, Kota Kendari saat melakukan seleksi fisik. (foto ANTARA/ Azis Senong)
“Calon atlet Dayung disiapkan kuota 20 orang siswa, Sepak Takraw 12 siswa, dan masing-masing 16 siswa untuk cabang Pencak Silat dan Atletik,” ujarnya.

Persyaratan untuk menjadi calon siswa di SKO, diantaranya harus tamat SMP atau sederajat, memiliki postur tubuh sesuai kebutuhan cabor, serta memiliki tekad dan kemampuan menjalani pendidikan olah raga selama tiga tahun.

Baca juga: SKO rekrut atlet daerah terpencil

Ia mengatakan, adapun sasaran dan tujuan perekrutan Siswa Sekolah Keberbakatan ini yakni untuk persiapan kebutuhan atlet berprestasi, baik ditingkat Nasional dan Internasional.

Meski seleksi dilakukan di bulan suci Ramadan namun antusias siswa untuk mengikuti seleksi cukup tinggi, bahkan didampingi langsung orang tua maupun keluarga calon siswa dari luar daerah. 


 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024