Kendari (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengara (Sultra) mengadakn acara silaturahim dengan Tokoh Masyarakat, Mahasiswa dan Siswa se- Sulawesi Tenggara yang dirangkaikan dengan pemaparan  Program Strategis Pembangunan Sulawesi Tenggara, Senin.

Gubernur Sultra Ali Mazi dalam sambutannya menyampaikan kepimpinannya sebagai gubernur dan wakil gubernur telah memasuki bulan Kedelapan sejak dilantik 5 September 2018 lalu.

"Selama delapan bulan ini kita sudah melewati serangkaian agenda Pembangunan Daerah dan Agenda Nasional, alhamdulillah semua agenda tersebut kita lalui dengan baik dalam suasana yang aman dan damai", kata Ali Mazi.
Gubernur Sultra Ali Mazi (tengah). (Foto ANTRA/ Muhammad Harianto).

Dalam kesempatan tersebut, Ali Mazi menyampaikan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat Sulawesi Tenggara yang selalu mendukung program kerjanya.

 "Terima kaaih, saya berharap berharap masyarakat dapat terus membantu kami, dengan bekerja sama bahu membahu membangun Sultra yang kita cintai ini. Berikan koreksi dan kritik yang bersifat konstruktif berilah saran untuk mencari jalan keluar yang terbaik atas segala permasalahan yang kita hadapi", tambah Ali Mazi

Selain itu ia memaparkan dalam lima tahun terakhir angka-angka makro ekonomi Sultra memperlihatkan perkembangan yang cukup baik, seperti pertumbuhan ekonomi 6,42 Persen ( lebih tinggi dari rata-rata capaian Nasional yang hanya 5,17 Persen), angka kemiskinan 11.32 persen, angka pengangguran 3,26 persen, dan gini rasio 0,392 persen.

Sedangkan Untuk capaian Indeks pembangunan Sultra pada  2018, menunjukkan bahwa indeks pada Pembangunan Manusia (IPM) 70.61; Indeks Pembangunan gender (IPG) 70,76; dan Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) 68,51.

"Sesuai Analisis faktor-faktor internal dan eksternal maka visi pembangunan Sultra dalam lima tahun ke depan adalah terwujudnya Sulawesi Tenggara yang aman, maju, sejahtera dan bermartabat", tutupnya.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024