Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan, meminta Direksi Perusahaan Daerah (Perusda) setempat untuk mengembangkan usaha yang berbasis digital teknologi informasi.

"Saya meminta kepada Perusda agar terus memajukan perusahaan dengan mengikuti perkembangan zaman era digital/teknologi informasi, dengan berpatokan pada aturan dan regulasi yang ada, karena kemajuan suatu perusahaan tergantung kinerja para direksi dan jajarannya," kata Bupati Konawe Selatan, Surunuddin, pimpin Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Perusahaan Daerah (Perusda) Tahun Buku 2018, di Kendari, Minggu.

Dikatakan, Perusda memiliki dua misi, yakni mendorong tugas-tugas yang tidak bisa dilaksanakan instansi Pemda, dan bagaimana menjaga perusahaan tetap sehat dengan tujuan membuka lapangan kerja dan mensejahterakan rakyat.

"Karena Pemda terbatas kegiatannya akibat aturan regulasi, maka saya harapkan Perusda membantu Pemda mendorong pembentukan regulasi dan tata kelola keuangan daerah yang sehat," katanya.

Ia meminta pengelola senantiasa memegang prinsip kerja Perusda yang harus lebih luwes dan berperan aktif dalam melaksanakan setiap tugas dan kegiatan.

"Olehnya itu, saya titip dan percayakan pengelolaan keuangan keseluruhan kepada direksi dan jajaran dengan baik dan sehat. Selamat atas RUPS hari ini, mari kita rawat dan jadikan perusahaan yang lebih profitable dan akuntabel serta mampu mensejahterakan rakyat," katanya.

Sementara itu, Dirut Perusda Konawe Selatan, Arief Rachman, mengatakan bahwa Perusda didirikan berdasarkan Perda No 2 Tahun 2011, yang menyelenggarakan usaha di bidang industri pertambangan, perikanan, perkebunan, pertanian dan jasa konstruksi.

"Dimana kami berhasil menunjukkan peningkatan kinerja keuangan, dengan kenaikan laba Tahun 2018 yakni 179 persen," katanya.

RUPS turut di hadiri Anggota BPP, Akbar, Direktur Utama Perusda, Arief Rachman, Direktur Produksi, Muhammad Akbar Liambo, Kabag Humas Setda Konawe Selatan, Taufik Amin Lar, dan para karyawan serta perwakilan Dinas Keuangan Konawe Selatan.

 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024