Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengajak warga setempat untuk menumbuhkan budaya SAR memberiman pertolongan dengan keihlasan dalam kehidupan sehari-hari.
 
"Pemkot Kendari apresiasi, hormat dan bangga terhadap Basarnas Kendari, kita telah menjadi saksi atas seluruh kinerja dan dedikasi Basarnas dalam memberikan pertolongan terhadap setiap musibah bencana yang terjadi di daerah ini," kata Wali Kota Kendari, Sulkarnain K, saat menjadi inspektur upacara HUT ke47 Basarnas di Pelataran Kantor Basarnas Kendari, Kamis.

Dikatakan, dengan keberhasilan Basarnas dalam memberikan bantuan pertolongan terhadap korban musibah yang selama ini terjadi di wilayah Sultra, maka sangat layak jika Basarnas Kendari dapatkan kepercayaan dan mendapatkan  tambahan prasarana mendukung kinerjanya.

"Harapan kita agar apa yang ada sekarang ini bisa dipertahankan bahkan kalau perlu ditingkatkan untuk kemudian mengantisipasi  terjadinya musibah dan terus melakukan kesiapsiagaan," katanya.

Karena lanjut Sulkarnain, wilayah Sultra ini berpotensi setiap saat terjadi bencana musibah, tentu tidak diharapkan, tapi kalau sampai terjadi maka semua potensi Sar sudah siap.

Ia mengaku, Pemkot berkomitmen untuk turut mendukung Basarnas, terbukti dengan setiap latihan yang dilakukan Basarnas, maka Pemkot selalu berpartisipasi.

"Setiap ada agenda Basarnas kita terus memberikan dukungan termasuk hari ini saya hadir merupakan bentuk dukungan dan kita dorong Basarnas ini untuk terus meningkatkan kapasitasnya melayani masyarakat," katanya.

Dalam kesempatan itu, dilakukan pula penutupan pelatihan potensi Sar dalam melakukan pertolongan di Hutan Gunung yang diikuti sekitar 60 orang dari bernagai institusi selama satu minggu.

Dalam kesempatan itu dilakukan pula simulasi penyelamatan korban bencana yang berada di jurang sehingga harus menggunakan peralatan khusus dalam melakukan evakuasi.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024