Kolaka (Antaranews Sultra) - Univesitas Negeri Sembilanbelas November Kabupaten Kolaka mengembangkan kampus di Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara yang ditandai dengan penyerahan surat keputusan Kemenristekdikti.
   
Penyerahan SK itu dari Sekretariat Jenderal Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemeristekdikti) melalui Kepala Biro Hukum dan Organisasi, Ani Nurdiani Azizah kepada Rektor Universitas Negeri Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Azhari untuk pengoperasian Kampus di Buton Tengah (Buteng) yang dihadiri Bupati Buton Tengah Samanhudi beserta jajaran forkopimda daerah itu.
   
Rektor USN Kolaka, Azhari mengatakan dengan adanya Kampus di Buteng bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sultra, khususnya yang berdomilisi di wilayah kepulauan Muna dan Buton.
    
"Ini kesyukuran kita untuk masyarakat karena Mawasangka itu adalah pertemuan antara Muna dan Buton, tanah Muna wilayah Buton jadi ini milik bersama oleh masyarakat di dua pulau ini," katanya saat memberikan sambutan.
    
Menurutnya untuk pengembangan kampus ke depan, berharap dukungan dari para akademisi dari Muna dan Buton yang berkarir di daerah lain untuk pulang membangun kampung di daerahnya dalam hal pengembangan sumber daya manusia.
   
Apalagi, kata Azhari, lokasi pembangunan  kampus sudah memiliki lahan seluas 100 hektar di desa Wakambangura, Kecamatan Mawasangka milik masyarakat yang telah di hibahkan bagi pendirian kampus.
  
Azhari menjelaskan langkah awal kampus USN di Mawasangka akan membuka beberapa program studi salah satunya Diploma IV Keperawatan  dengan menggunakan gedung perkuliahan sementara bekas kantor Puskesmas.
   
Sementara Bupati Buton Tengah (Buteng) Samahuddin memberi apresiasi kepada Rektor USN, telah menunjukkan kontribusi nyata dengan membangun kampus di daerah tanah kelahirannya.
 
"Pemda Buteng akan selalu mensuport untuk pengembangan kampus USN ke depan," katanya
  
Tahun ini, kata Samanhudi, Pemda Buteng telah menganggarkan dalam APBD untuk pengaspalan jalan menuju kampus USN di Desa Wakambangura guna memperlancar perkuliahan.
  
"Semoga kehadiran kampus USN di Mawasangka ini membawa Buton Tengah menjadi daerah yang semakin berkah," ungkap Samanhudi.
   
Begitu juga dengan Ditjen Kemenristekdikti, Ani Nurdiani Azizah menyampaikan pembangunan daerah yang dikatakan berhasil ketika dapat meningkatkan dua hal yaitu dari sisi kesejahtaraan masyarakat dan sumber daya manusia yang cerdas.
   
"Kalau tahun sebelumnya pemerintah pusat adalah fokusnya ke Infrastruktur, sekarang ini telah di ubah yaitu pengembangan sumber daya manusia, jadi dari kami tentu saja dengan penyerahan SK ini, dan mohon dilaksanakan sebaik-baiknya, karena semuanya akan diawasi oleh tim internal dari pusat," tutupnya
 

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024