Kendari  (Antaranews Sultra) -  General Manager (GM) PT Pelindo IV Kendari Debby Duakaju, mengatakan pembangunan fisik dari Pelabuhan Kendari Newport sudah tuntas atau mencapai 100 persen dan siap digunakan.
   
 "Sekarang kita sedang mempersiapkan untuk peresmian penggunaan pelabuhan Kendari Newport di Pulau Bungkutoko Kendari," kata Debby  di Kendari, Jumat.
     
Dikatakan, rampungnya pembangunan pelabuhan tersebut juga didukung penuh oleh Pemerintah Kota Kendari dan Pemerintah provinsi Sultra.
   
 "Kami sampaikan apresiasi kepada pemerintah provinsi dan kota Kendari yang telah memberikan suport dan dukungan terhadap percepatan pembangunan dan mengembangkan kawasan Kendari NewPort ini melalui pembangunan jembatan dan akses jalan masuk," katanya.
     
Disebutkan, akses jalan masuk pelabuhan sekitar 1,6 kilometer itu dibangun oleh Pemkot Kendari dan Jembatan keluar dari pelabuhan menuju Nambo dibangun oleh Pemprov Sultra.
     
Ia mengatakan, pembanmgunan pelabuhan Kendari NewPort tersebut memelan anggaran sekitar Rp936 miliar, dengan rincian terdiri dari Rp635 miliar dari dana Penyertaan Modal Negara (PMN) dan dana internal PT Pelindo sebesar Rp301 miliar.
     
"Pelabuhan Kendari New3port ini mantinya akan mendukung eks program Tol Laut sebagai pelahuhan penyangga," katanya.
 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024