Kendari (ANTARANews Sultra) - Sebanyak 17 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), pada 22-24 April 2019.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Baubau, La Ode Aswad, Kamis mengungkapkan, dari total 33 SMP termasuk MTS yang ada, baru 17 sekolah yang siap melaksanakan UNBK tahun ini.

Sementara sekolah yang belum dapat menerapkan UNBK, masih akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

"Hal ini dikarenakan fasilitas penunjang UNBK disekolah-sekolah itu belum memadai, seperti masih kurangnya perangkat computer," kata Aswad.

Meski begitu, pihaknya mengaku kedepan akan mengupayakan SMP yang menjadi kewenangan Dikbud Baubau bisa bertambah jumlahnya yang melaksanakan ujian berbasis computer.

"Ini memang menjadi tanggungan kami di Diknas. Sehingga kita akan upayakan terus agar kedepan semua SMP/MTs ini bisa terapkan UNBK," ujarnya.

Ia menambahkan, sedangkan terkait persiapan pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP, saat ini masih sementara persiapan penyusunan kisi-kisi untuk soal ujian. Dan untuk mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA.

"Soal itu juga sudah ada presentasinya. Dan itu penyusunan kisi kisinya biasanya di pandu Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sultra," tandasnya.

Baca juga: Gedung baru Diknasbud Sultra segera difungsikan

Adapun SMP dan MTs yang siap melaksanakan UNBK di Kota Baubau terdiri 7 SMP meliputi SMP Negeri 2 Baubau, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 5, SMPN 17, SMPN 18 Baubau, dan SMP Swasta Darusalam.

Sedangkan untuk MTs terdiri 10 sekolah meliputi MTs Negeri 1 Baubau, MTs Swasta AT Taqwa, MTsS Al Aziz, MTsS AT Ikhwan, MTsS Al Ikhsan. Kemudian, MTsS Al SAW, MTsS Al-Huda, MTsS Al Amanah, MTsS Al Barokah, dan MTsS Az Zikir.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024