Kendari  (Antaranews Sultra) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara, merilis bahwa prakiraan cuaca pada esok hari Senin (14/1) berpotensi hujan ringan dan sedang disertai guntur di hampir seluruh wilayah di Sultra.

Bagian operasional BMKG Kendari, Adi Istioyono yang diterima di Kendari, Minggu mengatakan pada pagi hari, hampir seluruh wilayah kabupaten di Sultra alami hujan ringan dan sedang seperti di Kabupaten Kolaka Utara, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Kabaena Kabupaten Bombana, Buton, Buton Utara, Buton Tengah, Buton Selatan, Baubau, dan Wakatobi.

Pada siang dan sore hari, juga berpotensi hujan sedang di wilayah Konawe Utara, Konawe, Konawe Selatan, dan Kendari. Sementara hujan ringan di wilayah, Kolaka Utara, Kolaka, Kolaka Timur, Bombana, Buton, Baubau, Buton Selatan, dan Wakatobi.

Malam hari, lanjut Adi, berpotensi hujan ringan di wilayah Kolaka, Konawe Utara, Kolaka Timur, Konawe Selatan, Bombana, Kendari, Muna, Muna Barat, Butur, Buton, Buton Selatan, Wakatobi dan Kota Baubau.

"Pada dini hari nanti juga akan hujan sedang di wilayah Buton, Buton Tengah, Buton Selatan, Baubau, dan Wakatobi. Hujan Ringan di wilayah Muna, Muna Barat, Kabaena, Konawe Kepulauan, Konawe, Kolaka Timur, Kolaka, dan Buton Utara," tuturnya.

Suhu Udara diperkirakan antara 24 - 32 derajat celsius dengan kelembaban udara antara 60 - 95 persen dengan kecepatan angin bertiup dari arah? barat daya? ke barat laut dengan rata rata 2 - 30 km per jam.

Oleh karen itu, kata Adi Istiyono kepada masyarakat khususnya pengguna jasa angkutan laut untuk tetap mewaspada akan perubahan cuaca yang berpengaruh terhadap gelombang dan angin kencang yang disertai guntur pada sore hingga malam hari.

Hingga berita ini di buat pukul 18.30 Wita, kondisi wilayah Kota Kendari masih turun hujan rintik diserta guntur dan angin yang menyebabkan warga yang akan melakukan aktivitas ke luar rumah harus tetap waspada.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024