Wanggudu (Antaranews Sultra) - Bupati Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rukdamin, menyerahkan sejumlah paket bantuan sarana perikanan tangkap kepada warga nelayan yang ada di daerah itu bertepatan pada perayaan HUT XII Konawe Utara di Lapangan Molawe, Rabu (2/1).
     
Bantuan yang diberikan yakni 16 unit kapal nelayan melalui koperasi sebagai lembaga yang mewadahi para nelayan terdiri Koperasi Kadappo, Desa Laimeo, lima unit kapal, Koperasi Sikkaririo, Desa Tanjung Bunga, lima unit kapal, Koperasi Oteng Jaya Meohai, Desa Otipulu, dua unit kapal, Koperasi Tapung Nusantara Bersama, Desa Tapunggaya, dua unit kapal, dan Koperasi Ro’id Konut Sultra, Desa Larodangge, dua unit kapal.
     
Bupati yang didampingi Wabub, Raup, juga memberikan sarana produksi perikanan berupa alat tangkap yakni pukat udang untuk nelayan di Desa Mataiwoi, Bandaeha, Molawe, Mowundo, Mandiodo dan Tapunggaya, Tapunopaka, Watukila, Otole, Barasanga, Toreo, dan Padaleu.
       
Selain itu, diserahkan pula bantuan mesin honda 9 PK dan Pukat untuk satu kelompok nelayan di Desa Tapunopaka, Kecamatan Lasolo Kepulauan.
       
Ruksamin mengatakan, bantuan yang diberikan tersebut merupakan bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah kepada masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan yang merupakan bagian dari sasaran pembangunan kesejahteraan masyarakat.
       
"Fokus kami adalah mendorong tingkat pertumbuhan perekonomian masyarakat melalui penyiapan fasilitas yang dapat meningkatkan produktivitas masyarakat, baik yang berprofesi sebagai nelayan, petani maupun pada sektor lainnya," katanya.
       
Ruksamin berharap bantuan yang telah diserahkan tersebut bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh kelompok nelayan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan anggota.
       
"Pemerintah hanya berusaha menyiapkan sarana yang dapat penunjang produktivitas para nelayan, dan ini sudah kita sediakan. Sekarang tinggal bagaimana fasilitas yang ada bisa memberikan pengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan para nelayan," katanya.
       
Pada kesempatan itu, Ruksamin juga menyerahkan piagam kepada sejumlah pihak, lembaga, mitra kerja, OPD, yang selama ini berprestasi dan membawa nama baik untuk Konawe Utara.
 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024