Kendari (Antaranews Sultra) - Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan sosialisasi gerakan Konawe Selatan tiada hari tanpa sagu, bertempat p[ada salah satu hotel di Kendari, Kamis.
     
Sosialisasi itu dibuka oleh sekretaris daerah Konawe Selatan, Sjarif Sajang, didampingi oleh kadis ketahanan pangan Konawe Selatan, Rafiuddin Silondae, dihadiri oleh seluruh camat, pegawai Balai Penyuluh Pertanian serta tokoh masyarakat Konawe Selatan.
     
Sjarif Sajang mengatakan, kegiatan itu dalam rangka diversifikasi pangan dan penganekaragaman pangan dengan pemanfaatan sumber bahan pangan alternatif lokal sebagai wujud penguatan pangan daerah. 
   
 "Melalui moment ini, saya mengajak para peserta agar mengoptimalkan manfaat sagu sebagai pengganti beras," katanya.
     
Ia mengapresiasi karena Konawe Selatan merupakan salah satu daerah yang dijadikan percontohan tanaman sagu oleh FAO yang terletak di Desa Gisebo, Kec Angata.
   
 "Dan ini wajib kita apresiasi guna pemanfaatan sagu yg semi moderen untuk pemenuhan kebutuhan pangan sehari-hari," katanya. 
   
 Menurut dia, jika sagu dijadikan alternatif kebutuhan pangan maka dengan sendirinya peningkatan ekonomi masyarakat Konawe Selatan akan terus berjalan dan mandiri serta menuju desa maju konawe selatan hebat.
 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024