Kendari (Antaranews Sultra) - Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), meluncurkan pusat informasi wisata atau Tourism Informasi Centre (TIC) di ruang kedatangan Bandara Haluoleo Kendari, Kamis.
     
Peluncuran tersebut dilakukan oleh Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Sarifudin Safaa, hadir perwakilan Bandara Haluoleo Kendari, dan sejumlah pelaku usaha pariwisata di Sultra.
     
Sarifudin Safaa mengatakan, Sultra memiliki sejumlah potensi wisata yang tersebar di seluruh kabupaten kota yang ada dengan keunikan tersendiri setiap daerah.
     
Sayangnya yang menjadi kendala selama ini adalah kurangnya promosi dan informasi terkait potensi wisata tersebut, sehingga kehadiran Pusat Informasi Wisata ini akan mejadi sarana untuk memaksimalkan promosi dan informasi terkait wisata Sultra," katanya.
     
Ia berharap Dispar Sultra untuk senantiasa meningkatkan kerja sama dengan pemangku kepentingan lain seperti hotel, travel dan pelaku usaha pariwisata lainnya sehingga bisa bersinergi mempromosikan potensi wisata yang ada.
     
Kita harapkan kegiatan promosi potensi wisata dilakukan secara terus menerus melalui berbagai iven," katanya.
       
Ketua Panitia, Otrisman Balagi, mengatakan, Pusat Informasi Wisata itu merupakan tempat atau sarana guna menghimpun para mitra wisata untuk promosikan potensi wisata di daerah ini.
     
"Apa yang kita lakukan hari ini adalah upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Sultra," katanya.
         
Disebutkan, beberapa objek wisata di Sultra yang telah dan sedang digenjot promosinya adalah  Taman Laut Wakatobi, Pulau Bokori Konawe, Danau Biru Kolaka Utara, Sungai Tamborasi Kolaka, Pulau Labengki Konawe Utara, Pantai Namu Konawe Selatan, Air Terjun Moramo Konawe Selatan, Wisata Manggrove Bungkutoko Kendari, Danau Napabale Muna, Benteng Keraton Buton Baubau, Wisata Manggrove Buton Utara.
      

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024