Baubau (ANTARANews Sultra) - Ketersediaan kebutuhan sembilan bahan pokok di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, menjelang akhir tahun atau perayaan Natal dan Tahun Baru 2019, masih normal.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Baubau, Radjlun, di Baubau, Rabu, mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya kondisi stok barang menjelang perayaan hari-hari besar di daerah itu tetap stabil meskipun terdapat kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga.

"Memang yang sedikit terjadi kenaikan adalah harga telur sekitar 10 persen. Dan yang paling terasa ketika acara "Haroa"," katanya,

Untuk mengantisipasi terjadinya gejolak harga menjelang Natal dan Tahun Baru, kata dia, pihaknya bersama distributor dan instansi terkait mengambil langkah dengan menggelar pasar murah atau operasi pasar sebagai upaya untuk menstabilkan harga dari biasanya.

"Kalau terjadi kenaikan harga kita bersama distributor menggelar pasar murah dengan mengikuti harga standar," ujarnya.

Untuk memastikan kebutuhan barang dipasaran tetap terkendali, kata dia, pihaknya bersama tim yang dibentuk melakukan pemantauan harga di distributor dan pasar tradisional setiap pekannya sebagai upaya agar tidak terjadi kelangkaan.

"Yang kita pantau dan hindari itu jangan sampai terjadi penimbunan, tapi kondisi saat ini masih stabil," katanya.

Sedangkan kalau adanya kekurangan stok barang dipasaran, menurut Radjlun, kondisinya terjadi pada musim tertentu saat cuaca gelombang tinggi, karena distribusi barang ke daerah itu terlambat.

"Kita tahu bersama barang yang didistribusi itu bukan hanya untuk kebutuhan Baubau tetapi juga daerah sekitar belanjanya di sini (Baubau)," katanya.

Pewarta : Yusran
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024