Kendari (Antaranews Sultra) - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIII di Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara dapat menjadi ajang promosi destinasi wisata daerah bagi para tamu agar lebih dikenal.

Bupati Kolaka Ahmad Safei di Kendari, Senin, mengatakan Porprov XIII 5-14 Desember di Kolaka akan menghadirkan belasan ribu tamu dari 17 kabupaten/kota.

"Pemerintah daerah, masyarakat dan pelaku usaha di Kolaka mesti merespon porprov sebagai ajang promosi obyek wisata maupun usaha ekonomi kreatif, seperti kuliner," kata Bupati Ahmad.

Oleh karena itu, masyarakat pelaku usaha sektor pariwisata maupun kalangan profesional berbenah menyambut tamu yang akan mengunjungi obyek wisata, kuliner maupun industri tumah tangga.

Kolaka memiliki obyek wisata Air Terjun Uluiwoi, Pantai Puturua, Pulau Padamarang, Tugu Kolaka, Pantai Mandra dan Sungai Tamborasi.

"Masih banyak lagi lokasi yang menarik dikunjungi para tamu Porprov. Sekarang tinggal pengelolah berkreasi mendekatkan calon pengunjung tentu dengan strategis yang menarik," katanya.

Baca juga: Kolaka jamin stok sembako aman selama Porprov

Panitia Porprov XIII Sultra Elvis mengatakan pengelola ruang publik maupun destinasi wisata di Kabupaten Kolaka harus mempersiapkan diri menyambut tamu.

"Tamu Proprov mencapai belasan ribu orang. Ajang ini peluang peningkatan ekonomi, baik sektor pariwisata, kuliner maupun usaha jasa lainnya," kata Elvis.

Baca juga: Kolaka serukan optimisme Porprov XIII/2018

Menurut dia tidak semua pendamping atlet dari 17 kabupaten/kota menghabiskan waktu sekitar 10 hari di arena pertandingan namun akan menghibur diri dengan mengunjungi lokasi wisata atau berbelanja apa saja yang menarik bagi mereka. (T.S032/B/Z003/C/Z003) 

Pewarta : Sarjono
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024