Kendari (Antaranews Sultra) - Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) ?mendapat kepercayaan sebagai salah satu daerah yang menjadi tuan rumah pelaksanaan ?Pesta Para Pahlawan? sebagai rangkaian memeriahkan hari Pahlawan 2018 yang diperingati setiap 10 November.?

Ketua Panitia, Tanjung Niasari menjelaskan kepada sejumlah wartawan di Kendari, Minggu, pihaknya akan menghadirkan 10.000 orang dari 17 kabupaten kota yang ada di Sultra untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.?

Kegiatan yang berskala nasional tersebut kerja sama antara Kepala Staf TNI Angkatan Darat dan Yayasan Pelangi yang akan dipusatkan di lapangan Tugu Persatuan Kota Kendari.?

"Misi dari acara ini yakni kita ingin merayakan hari pahlawan 2018. Kita percaya bahwa pahlawan itu bukan hanya TNI dan Polisi, tetapi semua bisa menjadi pahlawan. Kegiatan ini juga untuk meningkatkan jiwa nasionalisme," ujar Tanjung.

Menurut dia, tujuannya untuk menumbuhkan rasa nasionalisme masyarakat dan cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) agar persatuan dan kesatuan di Sultra tetap terjaga dan terpelihara.

 Dirinya menambahkan, dalam Pesta Para Pahlawan tersebut akan digelar berbagai kegiatan, baik pawai, lomba yel-yel kepahlawanan, lomba tari kolosal, lomba parade tingkat SD, SMP hingga SMA termasuk lomba mewarnai untuk anak usia dini.?

Selain itu, digelar pula berbagai kegiatan sosial seperti pasar murah, pengobatan gratis, makan, pijat dan cukur gratis. Pihak panitia juga menyediakan berbagai hadiah berupa kendaraan roda dua, tv, kulkas, hingga hadiah hiburan lainnya.

Sebelumnya pengurus Legium Veteran Republik Indoneisa (LVRI) Amran Sahban mengatakan, menyambut baik rencana pelaksanaan pesta para pahlawan yang dinilai baru pertama dilakukan sepanjan sejarah di daerah ini.

 "Saya kira kegiatan ini adalah hal yang sangat positif dan harus disambut baik dari seluruh komponen masyarakat di kota Ini," ujarnya.



 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024