Baubau (Antaranews Sultra) - Peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, yang mengikuti tes seleksi  2018 sebanyak 4.416 orang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Buton Selatan, La Ode Firman Hamza, di Baubau, Sabtu, mengatakan, jumlah peserta yang melaksanakan  tes Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) itu merupakan hasil dari verifikasi berkas saat pendaftaran.

"Sebanyak 4.416 peserta ini akan mengisi 428 formasi yang sudah ditetapkan," ujarnya.

Dikatakannya, empat daerah yang melaksanakan tes di Gedung Maedani Kota Baubau itu, yakni Kabupaten Buton, Buton Tengah, Buton Selatan, dan Kota Baubau.

"Dari empat daerah yang pelaksanaan tesnya di Gedung Maedani ini, Buton Selatan diberikan kesempatan pertama," katanya.

Pelaksanaan tes dengan menggunakan 150 komputer ditambah 10 unit cadangan, kata dia, dilaksanakan empat sesi yang pada sesi pertama sebanyak 600 orang.

Firman mengatakan, peserta seleksi yang akan menjalani tes selama enam hari ( 2-7/11) itu hasil ujiannya dapat langsung dipublikasi secara terbuka.

"Bagi kami dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Buton Selatan secara formal merilis hasil ujian sebagaimana ketentuan," katanya.

Pengamatan Antara, pelaksanaan tes CPNS itu ekstra ketat, tidak diperbolehkan membawa barang apapun ke dalam ruangan. Bahkan sebelum masuk ke ruangan mereka terlebih dulu meregistrasi daftar hadir yang telah disiapkan pihak panitia.

Selain itu, insan pers pun tidak diperbolehkan mengambil gambar pada saat pelaksanaan tes berlangsung. Sedangkan, diluar gedung disiapkan sebuah layar monitor untuk dapat melihat langsung hasil tes.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024