Kendari (Antaranews Sultra) - Harga buah-buahan di Pasar Buah Kota Kendari Sulawesi Tenggara masih stabil karena stok buah-buahan yang tersedia dari beberapa daerah, dari luar kota dan luar negeri (impor) masih tersedia dengan cukup.

Pantauan di Kendari, Senin, menyebutkan pasokan buah-buahan yang di datangkan langsung dari beberapa daerah antarpulau dan dari luar negera masih relatif stabil dan persediaan cukup tersedia untuk beberapa pekan ke depan.

"Melemahnya rupiah tidak mempengaruhi harga buah-buahan yang didatangkan dari beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Cina" kata  Asdar Daeng Kulle (53) pedagang buah setempat.

Hal senada diungkapkan pedangan buah lainnya Kamal (41) mengatakan harga buah-buhan yang di datangkan dari beberapa negara masih relatif stabil karena stoknya masih dapat terjangkau dan tidak memeliki hambatan" ujarntya.

Ia mengatakan, buah-buahan yang ada di Pasar Buah didatangkan dari beberapa daerah seperti buah-buahan lokal berasal dari Kolaka, Konawe Selatan (Sultra) dan Kabupaten Maros Sulawesi Selatan sedangkan buah-buahan yang dari luar negeri seperti buah apel, anggur dan jeruk dari Amerika dan Cina.

Beberapa buah-buahan yang didatangkan dari beberapa negara dan di jual di Pasar Buah masih relatif stabil misalnya buah apel harganya Rp60.000 per kilogram, anggur antara Rp75.000 sampai dengan Rp85 per kilogram, dan jeruk antara Rp35.000 sampai dengan Rp40.000 per kilogram

Informasi yang dihimpun menyebutkan meskipun harga buah-buahan masih stabil, pedagang mengeluhkan sepinya konsumen datang membeli, sebab lebih memilih berbelanja ke swalayan.

Alasan para konsumen memilih berbelanja di swalayan, karena selain lebih murah dan diskon juga bisa memilih berbagai alternatif berbagai macam jenis buah yang ditawarkan kepada konsumen.

Pewarta : Muh. Irfan dan Abdul Rauf
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024