Kendari (Antaranews Sultra) - Tim Tanggap Darurat Gempa Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), berhasil menghimpun dan mengirim donasi atau sumbangan kemanusiaan sebesar Rp434 juta untuk korban bencana gempa dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Perwakilan Bank Muamalat Cabang Kendari selaku bank yang ditunjuk pihak Kemenag Sultra untuk menghimpun donasi kepada Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sultra, Abdul Kadir, di Aula Mini Kanwil Kemenag Sultra, Senin.

Dari pihak Kanwil Kemenag, selanjutnya bantuan tersebut akan diserahkan kepada Ketua Tim Tanggap Darurat Gempa Kemenag RI untuk kemudian disalurkan kepada para korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulteng.

Ketua Tim Tanggap Darurat Kemenag Sultra, Sugianto, menyatakan, bantuan tersebut juga merupakan sumbangan dari seluruh ?Kemenag Kab/Kota se Sultra.

"Semuanya dilakukan secara cepat dan segesit pada saat penggalangan dana untuk gempa di NTB. Terlebih, Sulteng merupakan bagian dari wilayah Sulawesi, sehingga kita lebih semangat menggalang donasi untuk saudara-saudara kita di sana," katanya.

Kakanwil Kemenag Sultra, Abdul Kadir, yang menerima secara simbolis bantuan tersebut dari perwakilan Bank Muamalat Cabang Kendari, menyatakan, donasi tersebut merupakan wujud empati dan kebersamaan.

"Ini merupakan bentuk kepedulian. Komitmen yang sangat nyata untuk memenuhi panggilan kemanusiaan. Dua bulan lalu, kita juga berhasil menggalang donasi untuk gempa NTB, yang mencapai angka lebih dari 200 juta. Alhamdulillah, donasi untuk Sulteng kali ini ternyata jauh lebih besar," katanya.

Abdul Kadir menambahkan, seluruh jajarannya sangat antusias dalam memobilisasi dan memfasilitasi pengumpulan bantuan. Terbukti, selain dana yang berhasil dikumpulkan, juga masih ada sumbangan lain berupa pakaian, bahan pokok masyarakat dan obat-obatan.

"Mudah-mudahan dangan rasa empati dan keikhlasan, Allah akan membalas dengan kesehatan, kemudahan dan keselamatan bagi kita semua," katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sultra, Joko mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh keluarga besar Kemenag Sultra.

Ia mengaku, sumbangan segenap ASN Kemenag Sultra tidak hanya sebatas berupa uang, namun juga berupa pakaian layak pakai, paket bahan pokok masyarakat obat-obatan.

"Untuk sumbangan berupa pakaian, bahan pokok masyarakat dan obat-obatan, kami mengarahkan ke instansi militer yg memiliki basis transportasi, misalnya Kodim dan Polres. Karena memungkinkan pengawalan bantuan sampai ke tujuan. Alhamdulillah ASN kita mempunyai kepedulian luar biasa. Terimakasih pada seluruh ASN atas atensinya, semoga ini bisa bermanfaat," katanya.



 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024