Rumbia (Antaranews Sultra) - Pemerintah Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, mengirim bantuan logistik untuk korban bencana gempa dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) dengan total 63,38 ton.

Bantuan yang dihimpun dari pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bombana diberangkatkan, Rabu, melalui jalur laut dari Pelabuhan Kasipute dengan menggunakan Kapal Laut KLM Ilham Jaya, dan ditempuh perjalanan selama kurang lebih 5 hari sampai tujuan.

Kadis Kominfo Bombana, Andi Idris, dari Rumbia, mengatakan hasil penggalangan bantuan bencana untuk korban gempa tsunami Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah, selama 9 hari.

"Posko utama BPBD kabupaten Bombana berhasil mengumpulkan bantuan 26,150 ton. Posko Petani Peduli Palu yang berlokasi di Dinas Pertanian kabupaten Bombana sebanyak 15,21 ton, Posko Peduli bencana PMI Kabupaten Bombana sebanyak 15,90 ton. Posko Peduli bencana KNPI Kabupaten Bombana sebanyak 6,11 ton. dengan total 63,38 ton," katanya.

Ia mengatakan proses pemuatan barang bantuan logistik kedalam kapal laut KLM Ilham Jaya Jenis bantuan terdiri dari, beras, pakaian layak pakai, air mineral, mie instan, perlengkapan dan makanan bayi, perlengkapan mandi, perlengkapan wanita, selimut, tikar, terpal, makanan ringan, obat-obatan, minyak goreng, makanan siap saji dan pakaian sekolah.

Bantuan sejumlah itu, katanya, bersumber dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bombana, kecamatan, desa dan kelurahan, organisasi, perbankan, pelaku usaha, Lembaga Pendidikan, instansi vertikal Polres dan Polsek, Forum Masyarakat Bombana Bersatu (FMBB), Tapol Motor Club, masyarakat umum, dan para stakeholder peduli bencana Sulawesi Tengah.

Sementara itu, posko bencana Dinas Pertanian Kabupaten Bombana melaporkan, telah mengumpulkan sebanyak 8 ton beras yang disumbangkan kelompok tani wilayah Poleang, Poleang Utara, Rarowatu, Rarowatu Utara, Kecamatan Lantari Jaya dan Rumbia. Sedangkan dinas pertanian sendiri bersama staf menyumbangkan 500 dos air mineral, 15 karung pakaian layak pakai, 115 mie instan serta snack dan minuman.

Kadis Pertanian Bombana Andi Nuralam mengharapkan bantuan dari kelompok tani dan staf dimaksudkan untuk meringankan beban yang dialami saudara-saudara kita yang berada di Palu dan sekitarnya yang terkena dampak bencana. (T.KR-SPR/B/R010/C/R010) 

Pewarta : Suparman
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024