Kendari (Antaranews Sultra) - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menyebutkan sampai dengan pertengahan September realisasi penerimaan pajak mencapai 54,07 persen dari target 2018.

"Realisasi penerimaan pajak sudah mencapai Rp573 miliar atau sekitar 54,07 persen dari target Rp1,06 triliun," kata kepala KPP Pratama Kendari, Joko Ruhutomo, di Kendari, Rabu.

Ia mengaku, pertumbuhan atau realisasi pembayaran pajak tahun ini lumayan bagus dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama hanya mencapai Rp409 miliar dengan target sama.

"Walau pun sampai saat ini pencapaiannya baru separuh dari target kami masih punya harapan sampai akhir tahun nanti bisa tercapai 100 persen," katanya.

Alasannya, kata Joko, karena penerimaan pajak di wilayah Indonesia Timur termasuk di Sultra umumnya berasal dari proyek pemerintah yang dananya bersumber dari APBN atau APBD.

"Proyek APBN dan APBD biasanya pembayaran pajak proyek itu akan lebih ramai pada akhir tahun karena dana proyek itu cairnya pada Desember," katanya.

Disebutkan, penerimaan pajak di wilayah kerja KPP Pratama Kendari yakni berasal Kabupaten Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan dan Kota Kendari.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024