Morosi (Antaranews Sultra) - PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI), salah satu perusahaan bergerak disektor pertambangan di Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, untuk yang pertama kalinya merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan RI di kawasan pabrik smelter, Jumat.

"Upacara perayaan hari Kemerdekaan RI ke-73 yang kami laksanakan saat ini merupakan salah satu cara kita untuk bersyukur kepada Tuhan YME dan menghormati hasil perjuangan para pahlawan nasional," ujar General Manager PT VDNI, Rudi Rusmadi.

Ia mengatakan, upacara bendera yang rangkaikan dengan pesta rakyat dan menyumbang hewan kurban bagi masyarakat di lingkungan perusahaan merupakan perwujudan dari `Semangat Peduli dan Membangun` yang dicanangkan PT VDNI sebagai bagian tak terpisahkan dari masyarakat Sultra.

Upacara Bendera dalam rangka memperingati HUT RI ke-73 berlangsung di lapangan pabrik PT VDNI di Morosi, Konawe, Sultra. Rangkaian pengibaran bendera Merah Putih dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) sebanyak 35 siswa siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Kartika XX-2 Kendari.
  Suasana upacara HUT RI di Morosi kawasan pabrik smalter di Kab.Konwe, Jumat. (Foto Antara/ Istimewah)

Tujuh puluh tiga tahun kemerdekaan bangsa Indonesia merupakan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa yang tak ternilai harganya. Kemerdekaan yang dirasakan saat ini, dapat terwujud karena komitmen yang sangat kuat para pendahulu, para pejuang dan pemimpin untuk dapat mewujudkan cita-cita menjadi bangsa dan negara yang mandiri dan berdaulat.

Selain upacara bendera dan donor darah, masih dalam rangkaian peringatan HUT RI ke-73, PT VDNI juga melangsungkan acara Pesta Rakyat di lapangan Kecamatan Morosi. Pesta rakyat tersebut menyuguhkan hiburan dan perlombaan.

Hiburan musik dari para artis lokal yang telah dikenal di tengah masyarakat Morosi antara lain Boim Saranani dan Nena Konawe, serta lomba tari tradisional Malulo untuk menjaga kelestarian nilai budaya lokal bagi masyarakat Morosi.

Dibagian lain, kata Rudi, dalam menyambut hari raya Idul Adha, 10 Dzulhijah, 1439 H VDNI Indonesia menyumbangkan 23 ekor sapi untuk disebarkan di tiga kecamatan di sekitar pabrik yaitu Kecamatan Morosi, Kecamatan Bondoala dan Kecamatan Kapuela.

Berqurban dalam Islam adalah ibadah yang sangat ditekankan untuk dilakukan bagi mereka yang memiliki kecukupan rezeki. Memotong hewan qurban seperti kambing atau sapi, merupakan salah satu perwujudan ibadah yang mengedepankan keikhlasan dan kesabaran dalam menjalankan perintah Allah SWT.

Hari raya Idul Adha bisa disebut sebagai salah satu waktu dimana umat Islam dapat bergembira bersama dengan saling berbagi dan berkumpul.

"Dengan semangat hari raya qurban inilah, perusahaan berbagi dengan masyarakat sekitar pabrik, sehingga semua orang, baik yang melakukan qurban maupun yang tidak, dapat merasakan kebahagiaan yang sama," tuturnya.

(T.A056/B/E007/C/E007) 17-08-2018 16:29:12

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024