Kendari  (Antaranews ) - Pj Wali Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Sulkarnain mengatakan kunjungannya di Kota La Rochelle Prancis selama kurang lebih sepekan telah mendapat izin dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

"Saya baru tiba hari ini di Kendari, dan saya ingin sampaikan berkaitan sigma yang berkembang di luar sana, saya sampaikan bahwa saya orang yang paham aturan dan taat aturan, tentunya keberangkatan saya ke La Rochelle sudah mendapatkan izin Mendagri," kata Sulkarnain di Kendari, Senin.

Kunjungan ke La Rochelle tersebut merupakan kunjungan balasan Pemkot Kendari atas kunjungan Wali Kota La Rochelle, Jean Francous Fountaine, Maret 2017 di Kendari.

"Ini hanya tindak lanjut dari kerja sama Pemerintah La Rochelle dan Pemerintah Kendari yang telah disetujui pemerintah pusat," ujarnya.

Sulkarnain juga menyebutkan bahwa kunjungan ke La Rochelle tersebut tidak menggunakan biaya APBD Kendari karena ditanggung oleh University of La Rochelle.

"Jadi tim yang berangkat ini, semua dibiayai oleh University Of La Rochelle. Lembaga pendidikan ini juga memiliki kerja sama dengan Universitas Haluoleo," jelasnya.

Pemerintah Kota Kendari bersama pemerintah Kota La Rochelle Prancis menjalin kerja sama sebagai kota kembar (sister city).

"Salah satu alasan kedua pemerintah kota itu menjalin kerja sama sebagai kota kembar karena kondisi topografi yang hampir sama," kata Sukarnain.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024