Baubau (Antaranews Sultra) - Penjabat Wali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Hado Hasina, mendorong dinas koperasi daerah setempat membentuk koperasi percontohan di setiap kelurahan.

"Ini salah satu upaya untuk mengembalikan koperasi agar menjadi pilar perekonomian rakyat, sehingga dengan koperasi, jurang kesenjangan masyarakat akan bisa dipersempit," ujarnya, di Baubau, Senin, pada rangkaian momen hari koperasi ke-71 tahun 2018 tingkat Baubau.

Sebelum dijadikan sebagai koperasi percontohan dan layak dikembangkan, kata dia, perlunya harus melalui seleksi sehingga dalam pengelolaannya bisa lebih sehat dan dapat meningkatan perekonomian.

"Apalagi juga nantinya koperasi ini akan mendapatkan bimbingan penataan dari sisi manajemen teknologi informasi dan modal untuk diarahkan mengelola produk yang potensi untuk meningkatkan perekonomian," katanya.

Menurutnya, selain koperasi ikut berperan aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat, juga? memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional.

"Keberadaan koperasi cukup berperan dalam membangun dan mengembangkan potensi?kemampuan ekonomi khususnya anggota dan masyarakat," katanya.

Oleh karena itu, koperasi sebagai bagian dari kolaborasi, kemitraan antarpemerintah, masyarakat dan pelaku ekonomi usaha harus memperoleh dukungan dari pemerintah dalam hal ini dinas terkait agar kerja koperasi terus berkembang dengan baik.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi Baubau, Samsul Bahri mengatakan, dalam rangkaian memperingati hari jadi koperasi ke-71 yang jatuh 12 Juli 2018 pihaknya menggelar sejumlah kegiatan dengan sasaran peserta adalah pelajar.

"Sasarannya anak usia sekolah karena mereka merupakan generasi penerus. Sehingga melalui kegiatan itu supaya mereka bisa memahami makna dari perkoperasian," katanya.

Di samping itu pula, tambah dia, bagaimana koperasi sebagai tiang perekonomian bisa lebih maju serta menjadi payung dari pada masyarakat yang menjadi pelaku usaha.

Sejumlah kegiatan yang digelar dalam momen hari koperasi tingkat Baubau di antaranya lomba paduan suara, pidato tingkat SMA, lomba mewarnai tingkat TK dan lomba makan nonberas untuk pelaku koperasi.

 

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024