Kendari  (Antaranews Sultra) - ?Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi menerima 39 lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Angkatan XXIV, dalam upacara penerimaan langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi, di ruang rapat Kantor Gubernur Sultra, Kamis.

Teguh Setyabudi mengucapkan selamat datang dan berterimakasih kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang telah memberikan pendampingan terhadap lulusan IPDN angkatan XXIV yang akan ditugaskan di wilayah Sultra.

"Kami yakin bahwa para lulusan IPDN ini adalah orang-orang terpilih yang sudah mendapatkan pendidikan yang memadai, termasuk penanaman jiwa nasionalisme, patriotisme, dan perjuangan untuk menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa," katanya.

Pj Gubenrur juga minta kepada Pemerintah kabupaten kota di Sultra untuk membantu memfasilitasi penempatan, pendayagunaan, dan pengembangan pola karir para lulusan IPDN tersebut sesuai dengan ketentuan peraturan Perundang-Undangan.

"Bagi PNS yang akan bertugas di daerah, percayalah, dimana pun kita bertugas maka kesempatan untuk mengembangkan karir sangat terbuka lebar, bagi siapa pun tanpa memandang suku, agama, dan ras. Kuncinya adalah tanamkan jiwa disiplin, loyalitas pada pimpinan, punya prestasi dan tidak melakukan perbuatan tercela," pesan Gubenrur kepada lulusan IPDN tersebut.?

Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Sekjen Kemendagri, Asmawa Tosepu, mewakili Mendagri Tjahjo Kumolo, mengatakan untuk penugasan purna praja IPDN para calon PNS tersebut akan disebar ke seluruh wilayah Indonesia.?

"Lulusan IPDN angkatan 24 akan ditempatkan dengan proporsi persentase,15 persen di pusat, 35 persen pada kawasan perbatasan Negara serta 50 persen pada Pemda," katanya.

Menurutnya, lulusan IPDN tersebut juga dapat didayagunakan sesuai kompetensinya masing-masing sehingga dapat turut berkontribusi terhadap kemajuan daerah.

"Saya mengucapkan selamat bertugas, pegang teguh amanah dan jaga nama baik almamater. Saya yakin dan percaya bahwa kalian mampu melaksanakan tugas ini dengan baik," katanya.?

Adapun 39 lulusan IPDN yang akan ditempatkan di kabupaten dan kota di Sultra dengan formasi 15 orang berasal dari Sulawesi Selatan, 14 dari Gorontalo, 2 orang dari Sulawesi Tengah, 2 dari Sulawesi Barat, 2 dari Jawa Timur, 2 dari Jawa Tengah, 1 dari Sumatera Barat, dan 1 orang berasal dari Nusa Tenggara Timur.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024