Kendari  (Antaranews Sultra) - Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra), mulai mendorong pengembangan produk unggulan yang berstandar ekspor.

Bupati Kolaka Timur, Tony Herbiansyah, di Kendari, Minggu, mengatakan produk unggulan itu adalah produksi olahan kakao lokal berstandar ekspor.?

"Produk kakao yang siap diekspor ini yaitu jenis cokelat bubuk dan cokelat kemas batang yang siap dikonsumsi warga," katanya.

Ia mengaku, coklat yang diproduksi dari Kolaka Timur tersebut sudah dibranding dengan label "Coltim" yang merupakan akronim dari kata Cokelat Kolaka Timur.

"Kami sangat yakin bahwa produk ini bakal menggebrak pasar makanan lokal di daerah Kolaka Timur, bahkan kami memprediksi makanan atau penganan dari kakao itu menerobos pasar nasional," katanya.

Dikatakan, produk tersebut diproduksi oleh masyarakat setempat yang tergabung dalam Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) Kolaka Timur yang terletak di Desa Wonuambuteo, Kecamatan Lambandia.?

"Rasanya memang sangat enak kalau dibandingkan dengan produk umum lainnya, kita punya produk ini jauh lebih baik. Bentuk cokelat yang dibentuk seperti kopi, bubuk sampai cokelat batang yang siap konsumsi," katanya.

 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024