Manado (Antaranews Sultra) - Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar kegiatan seminar nasional GenRevolution Berteman (Bersih Tertib Mandiri) dalam bentuk plt Kepala BKKBN, Sigit Priohutomo "Ngobrol Asyik" dengan remaja yang tergabung dalam generasi berencana (genre) se Indoensia di Aula Serbaguna Kantor Walikota Manado, Kamis.

Kegiatan ini sebagai salah satu rangkaian puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan kreatifitas remaja (pendidik sebaya) dalam pengembangan kegiatan-kegiatan pada kelompok Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja.?

Mengawali ngobrol asyik, remaja GenRe termasuk dari Sulawesi Tenggara (Sultra) berjoget bersama dengan iringan theme song Asian Games dari Via Vallen, sebagai bentuk dukungan pada penyelenggaraan Asian Games 2018.?

Pada kesempatan ini juga ditandatangani Deklarasi Remaja GenRe Indonesia sebagai wujud komitmen remaja untuk menjadi remaja Indonesia yang lebih baik.

Kemudian dilakukan telepon langsung antara remaja GenRe dengan orangtua nya di rumah, ?diantaranya adalah perwakilan remaja dari Sentani, Papua.

Remaja GenRe berdialog dan sharing pengalaman mereka dengan Plt Kepala BKKBN Sigit Priohutomo, Asisten I Walikota Manado, Micler CS Lakat dan Pejabat tinggi Madya BKKBN diantaranya Sekretaris Utama Nofrijal, Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga, M.Yani, Deputi Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi Dwi Listyawardani dan Inspektur Utama, Agus Sukiswo.

Remaja juga saling bertukar pengalaman antara sesama remaja yang tergabung didalam PIK Remaja dan menjalin kebersamaan di antara pengelola PIK Remaja seluruh Indonesia khususnya dalam melakukan problem solving terhadap masalah remaja, yang intinya numbuhkan semangat dan rasa memiliki wadah PIK Remaja bagi setiap remaja yang bergabung dalam PIK Remaja.

Plt Kepala BKKBN, Sigit Priohutomo mengatakan remaja Indonesia harus bisa merevolusi mental dan juga menjadi agent of change untuk membuat Indonesia semakin baik, dan tentu saja remaja GenRe bisa ?menjadi motivator dan rule modelbagi remaja yang lain.

"Saya mengajak Remaja GenRe untuk selalu menyampaikan ucapan sayang dan I Love U untuk orang tua, jangan lupa selalu hubungi keluarga," ujarnya.?

Sigit berpesan remaja harus bisa menjalani masa transisi kehidupan remaja, yaitu melanjutkan sekolah (continue learning), mencari pekerjaan (start working), memulai kehidupan berkeluarga (form families), ?menjadi anggota masyarakat (exercise citizenship) dan mempratikkan hidup sehat (practice healthy life).

Kegiatan GenRevolution Berteman diikuti oleh pengelola PIK Remaja/pendidik sebaya berjumlah 300 orang perwakilan remaja Sulawesi Utara dan juga perwakilan dari Forum GenRe (Generasi Berencana) Indonesia, diselenggarakan pada tanggal 4 hingga 6 Juli 2018.

Dengan diadakan beberapa kegiatan diantaranya Pembekalan pesertadengan materi indikator revolusi mental melalui pembentukan keluarga yang berkarakter, materi dari beberapa narasumber diantaranya dari anggota gugus tugas revolusi mental, dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) dan juga akan diadakan flash mob di kawasan mega mas Manado, yang diikuti oleh seluruh remaja GenRe.(KR-SPR)

 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024