Kendari (Antaranews Sultra) - Partai Amanat Nasional (PAN) yang mengusung pasangan calon kepala daerah menang di dua daerah pemilihan, yakni Kabupaten Kolaka dan Kabupaten Konawe.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sulawesi Tenggara Abdurrahman Saleh di Kendari, Kamis, mengatakan sedangkan kandidat usungan PAN di Kota Bau Bau dan Pilkada Gubernur Sultra masih menunggu rekapitulasi pemungutan suara dari relawan.

"Kemenangan yang meyakinkan adalah? calon bupati Konawe pasangan Kery Saiful Konggoasa dan Gusli Topan Sabara dan pasangan Achmad Safei/Muh Jayadin di Kabupaten Kolaka," katanya.

Kery Saiful Konggoasa adalah calon bupati petahana dan Gusli Topann Sabara (kedua kader PAN) adalah Ketua DPRD Konawe, sedangkan pasangan petahana Achmad Safei (bupati) dan Muh Jayadin (wakil bupati) tidak menjadi kader partai politik.

PAN mengingatkan kader, tim kerja dan relawan menyambut keunggulan perolehan suara dengan tenang atau jangan euforia karena penetapan hasil pemilihan secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Mengenai perolehan suara sementara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sultra yang diikuti tiga pasangan calon, yakni Ali Mazi/Lukman Abunawas, Asrun/Hugua dan Rusda Mahmud/Syafei Kahar, masih dalam proses pengumpulan data oleh relawan Asrun-Huga yang diusung PAN, PDI Perjuangan, PKS, Gerindra, PKB dan Hanura.

Baca juga: JSI: Kery-Gusli unggul pada perhitungan cepat

Baca juga: JSI: pasangan "Aman" unggul hasil perhitungan cepat

Baca juga: THI: Ali-Lukman unggul perhitungan cepat

"Saling klaim kemenangan membingungkan masyarakat namun yang pasti tunggu pengumuman resmi penyelenggara pemilihan sebagai lembaga negara yang berwenang," kata Rahman Saleh yang juga Ketua DPRD Sultra.

Ketua KPU Sultra Laode Natsir mengatakan rekapitulasi hasil pemungutan suara sedang berproses pada tingkat kelurahan dan kecamatan.

Baca juga: Asrun-Hugua imbau relawan jaga data hasil perhitungan

"Rekapitulasi hasil pemilihan terus berjalan. Kondisi geografis wilayah yang bervariasi antardaerah harus dimaklumi," kata Natsir.


(T.S032/B/E005/C/E005) 28-06-2018 09:51:41

Pewarta : Sarjono
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024