Kendari (Antaranews Sultra) - Lembaga Survei Jaringan Suara Indonesia (JSI) menyatakan pasangan Ali Mazi-Lukman Abunawas (Aman) unggul pada hasil hitung cepat Pilkada Sultra, Rabu.

Manager Riset JSI, Andi Nugroho, mengatakan data yang didapatkan berdasarkan dari 300 TPS yang tersebar di Sultra dan dipilih secara acak.

"Pasangan calon Ali Mazi dan Lukman Abunawas berhasil mendapatkan suara 44,04 persen pada Pilgub Sultra 2018 berdasarkan hasil `quick count` (hitung cepat) di 300 TPS dari 4.909 TPS se Sultra dengan `margin error` 1 persen," katanya.

Pasangan nomor urut dua Asrun-Hugua mendapatkan suara 25,07 persen, sedangan nomor urut tiga Rusda Mahmud-Sjafei Kahar mendapatkan suara 30,81 persen.

Pilkada Sultra diikuti oleh 3 pasangan calon yakni pasangan nomor urut 1 Ali Mazi-Lukman Abunawas yang diusung oleh Partai Nasdem (3 kursi) dan Partai Golkar (7 kursi), total 10 kursi di DPRD Sultra.

Pasangan urut 2 Asrun-Hugua yang diusung oleh Partai Amanat Nasional (9 kursi), PDIP Perjuangan (5 kursi), PKS (5 kursi), Hanura (3 kursi) dan Gerinda (4 kursi) total 26 kursi di DPRD Sultra.

Sedangkan, pasangan urur tiga Rusda Mahmud-Sjafei Kahar diusung oleh partai Demokrat (6 kursi), Partai Persatuan Pembangunan (2 kursi) dan Partai Kebangkitan Bangsa (1 kursi) total 9 kursi di DPRD Sultra.
 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024