Kendari  (Antaranews Sultra) - Taman Pemakaman Umum Punggolaka, Kota Kendari, Selawesi Tenggara, pada perayaan Idul Fitri 1439 Hijriah dipadati peziarah, termasuk dari luar kota untuk mendoakan mendiang keluarganya.

Pantauan di TPU Punggolaka Kendari, Jumat, lokasi parkir tidak dapat menampung kendaraan peziarah, sehingga sebagian kendaraan roda dua dan empat tidak bisa masuk komplek pemakaman.

Para peziarah duduk berkumpul di depan makam masing-masing anggota keluarganya sambil memanjatkan doa dan menyiramkan air ke pusaran.

Mereka juga menaruh bunga rampai di atas makam menandai kedatangan sekaligus membacakan doa bagi keluarganya yang dimakamkan di tempat tersebut.

 "Kedua orang tua kami meninggal dunia tiga tahun lalu. Kini kami hanya dapat mengunjungi makam mereka untuk berziarah dan mengirimkan doa-doa," ujar Aswan (35), salah seorang peziarah di TPU Punggolaka Kendari.

Lokasi lain yang dipenuhi peziarah yakni TPU Andonohu, Kecamatan Poasia? dan TPU Mangga Dua, Kecamatan Kendari Barat yang letaknya tepat di tepi jalan raya.

Kedatangan peziarah dimanfaatkan penjual bunga dan pengecer air yang sudah menunggu di sekitar pemakaman untuk siraman dan menaruh bunga di makam.

Kegiatan ziarah di pemakanan, juga dimanfaatkan tukang parkir dadakan untuk mengatur tempat parkir kendaraan baik roda dua maupun empat.



 

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024