Kolaka  (Antaranews Sultra) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, menyiapkan enam kapal feri untuk melayani arus mudik Lebaran 2018 dengan rute Pelabuhan Kolaka (Sultra)-BaJoe (Sulawesi Selatan).

Kepala PT ASDP Kolaka, Mursalim di Kolaka, Rabu, mengatakan bahwa pada arus mudik tahun ini pihaknya menyiapkan tujuh unit kapal feri namun satu di antaranya masuk masa perbaikan di galangan kapal.

"Satu kapal sudah masuk masa perbaikan (dok) sehingga tersisa enam unit kapal feri," katanya.

Menurut Mursalim, meskipun demikian pihaknya sudah meyiapkan langkah-langkah antisipasi jika terjadi lonjakan penumpang arus mudik di Pelabuhan Mekongga Kolaka.

Hingga kini kata dia, jumlah penumpang di terminal Pelabuhan Kolaka masih normal sehingga belum dilakukan penambahan trip pemberangkatan kapal.

"Kalau memang terjadi lonjakan penumpang, kami harus menambah trip keberangkatan kapal feri untuk mengantisipasi," ungkapnya.

?? Selain itu lanjut Mursalim, ASDP sudah mempersiapkan tempat peristirahatan (rest area) bagi penumpang pengguna kendaraan roda dua maupun bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di wilayah pelabuhan.

Bahkan tim medis dari Dinas Kesehatan setempat serta pihak kemanan kata Mursalim, juga disiapkan untuk mengatisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan demi kenyamanan pengguna jasa kapal feri saat mudik nanti.

Hasil pantauan di Pelabuhan Kolaka menunjukkan, penumpang dan kendaraan yang akan melakukan penyeberangan menggunakan jasa kapal feri masih normal dan belum terjadi peningkatan.

"Kalau biasanya lonjakan penumpang terjadi H minus dua Lebaran," kata Mursalim.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024