Baubau, 27/5 (Antara) - ?Komisi Pemilihan Umum Kota Baubau Sulawesi Tenggara (Sultra) kedatangan 55 dos logistik berisi surat suara sebanyak jumlah data pemilih tetap (DPT).

"Logistis surat suara yang tiba sebanyak 106.183 lembar ditambah 2.000 lembar untuk PSU," kata ?Sekertaris KPU Kota Baubau Mustari saat dikonfirmasi melalui WhatsApp di Baubau, Minggu.

Ia mnengatakan, salah satu logistik pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Baubau ?pada 27 Juni 2018 itu, ?tiba sejak (25/5) malam ?menggunakan KM Dharma Ferry dari Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Logistik berupa surat suara telah didatangkan sejumlah 106.183 lembar sesuai DPT 103.471 pemilih ditambah 2,5 persen DPT per Tempat Pemungutan Suara (TPS). Selain itu tambahan 2.000 lembar surat suara untuk persiapan pemungutan suara ulang (PSU).

Mustari mengatakan, penyaluran logisitik belum semunya tuntas, diantaranya segel formulir, hologram, dan tinta yang dipastikan akan tiba pekan depan.

"Artinya bahwa masih ada logistik lainnya sementara dalam proses pengiriman," ujarnya.

Pihak KPU Baubau tengah melakukan penyortiran untuk memastikan logistik tetap dalam keadaaan layak dan tidak robek. Jika mengalami kerusakan, maka KPU Baubau segera mengusulkan penggantian.

Setelah penyortiran, surat suara akan langsung dilipat dan disegel sebelum disalurkan di 245 TPS se Kota Baubau minimal sepekan sebelum pencoblosan dalam keadaan tersegel.

Pihaknya juga tidak merekrut tenaga luar untuk melakukan penyortiran dan pelipatan kertas, namun memanfaatkan pegawai serta tenaga outsoursing lingkup sekertariat KPU Baubau.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024