Kendari (Antaranews Sultra) - Bea Cukai Kendari, terus berupaya mendorong peningkatan ekspor komoditas andalan Sultra secara langsung melalui Bandara Haluoleo.

Kepala Bea Cukai Kendari, Benny Benhard di Kendari, Sabtu mengatakan dengan berbagai upaya yang dilakukan bersama pihak terkait, sehingga saat ini sudah bisa dilakukan ekspor langsung dari Bandara Haluoleo menuju kota tujuan di luar negeri.

"Dengan demikian, data ekspor Sultra dinilai akan meningkat drastis setiap tahun," katanya.

Menurut dia, sebenarnya beberapa tahun ke kebalakang telah terjadi ekspor secara rill di Sultra, dan itu telah memberikan kontribusi ekspor secara nasional.

"Tetapi dalam dokumen ekspor nasional tidak tercatat sebagai ekspor dari Sultra. Hanya tercatat sebagai ekspor domestik, karena meskipun komoditas berasal dari Sultra, tetapi saat berada di Bandara Internasional seperti Makassar dan Jakarta, dilakukan pendokumentasian ulang yakni Makassar dengan kota tujuan luar negeri atau Jakarta dengan kota tujuan luar negeri," katanya.

Dengan demikian kata Benny, nilai ekspor Sultra tidak pernah sesuai harapan dengan besaran potensi sumber daya alam yang tersedia.

"Karena fakta menunjukan bahwa hasil perikanan dari Sultra, namun data ekspor adalah di luar Sultra. Sehingga wajar kalau Sultra tentunya menginginkan peningkatanan eksistensi dalam kinerja ekspor," katanya.

Bea Cukai bersama instansi terkait kata Benny, telah berhasil melakukan terobosan sehingga saat ini sudah bisa dilakukan ekspor langsung dari Bandara Haluoleo ke luar negeri.

"Caranya, semua dokumen administrasi ekspor harus selesai diurus di Sultra. Kita sudah berhasil mengembalikan administrasi ekspor dari luar Sultra ke Sultra," katanya.

Baca juga: Sultra lakukan ekspor perdana melalui Bandara Haluoleo

Menurutnya, hal itu merupakan upaya atau langkah kecil dari sejumlah upaya untuk mendorong peningkatan ekspor Sultra, namun itu menjadi langkah awal menjadikan ekspor perikanan ini sebagai upaya penyokong perekonimian sultra.


(T.KR-SPR/B/B012/C/B012) 19-05-2018 11:37:08

Pewarta : Suparman
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024