Andoolo (Antaranews Sultra) - Bupati Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Surunuddin Dangga, menyerahkan bantuan sosial nontunai Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Anese Kecamatan Andoolo Barat, Selasa.

Penerima bantuan dana program keluarga harapan nontunai tersebut sebanyak 460 kepala keluarga.

"Bantuan PKH dari Kementrian Sosial ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya karena sifatnya bantuan simultan dan tidak selamanya program ini ada tetapi saya harap dapat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat dan yang terpenting dapat meningkatkan ekonomi masyarakat," kata Surunuddin.

Surunuddin mengatakan, ke depan pemda juga akan mengalokasikan anggaran untuk membantu masyarakat yang belum terdaftar dalam program keluarga harapan agar diberikan bantuan yang sama.

"Untuk itu saya perintahkan camat dan kades agar mendata warganya yang membutuhkan dan belum terdaftar dalam Program Keluarga Harapan," katanya.

Pemerintah daerah setempat kata dia, akan melakukan intervensi melalui APBD, karena ini adalah tanggung jawab pemerintah untuk mensejahterahkan masyarakat seperti pemberian bantuan pendidikan, kesehatan dan pangan.

Disebutkan, untuk Konawe Selatan jumlah penerima bantuan PKH sebanyak 20.184 KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

"Ke depan kita akan usulkan penambahan jumlah KPM, sedangkan di Kecamatan Andoolo Barat pada 2017 jumlah penerima PKH sebanyak 78 KK dan 2018 jumlah penerima PKH bertambah menjadi 460 KK," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024