Kolaka (Antaranews Sultra) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka, bekerja sama Kantor Kementarian Agama setempat mulai melakukan pemeriksaan kesehatan dan pemberian vaksin kepada calon jamaah haji.

Salah satu tim pemeriksaan kesehatan calon jamaah haji Kolaka, Dr Azis fi Kolaka, Selasa, menjelaskan pemeriksaan kesehatan ini dilakukan dengan dua tahap di tiap puskesmas asal jamaah haji itu.

"Pemeriksaan kesehatan tahap dua ini untuk menilai status kesehatan jamaah haji dan hasilnya akan diserahkan kepada Kementerian Agama," katanya.

Dalam pemeriksaan kesehatan itu, kata dia, setiap calon jamaah haji diberikan vaksin meningitis secara gratis serta pemeriksaan kesehatan lainnya yang nantinya bisa mengganggu jamaah haji saat melakukan ibadah di Tanah Suci.

Azis juga menjelaskan bagi setiap jamaah haji yang ingin divaksin antiflu harus mengeluarkan biaya sebesar Rp200.000 karena vaksin ini tidak ditanggung peneyelenggara haji.

"Bagi calon jamaah haji yang ingin diberikan vaksin antiflu dibebankan biaya tapi itu juga tidak kami paksakan," ungkap mantan Direktur RSBG Benyamin Guluh Kolaka itu.

Baca juga: Calon haji Kendari 2018 capai 648 orang

Untuk diketahui jumlah calon jamaah haji asal Kolaka yang siap diberangkatkan sebanyak 262 jamaah tahun ini mulai melakukan pelunasan pembayaran biaya keberangkatan. (KR-DWS)



(T.KR-DWS/B/H015/H015) 24-04-2018 11:11:03

Pewarta : Darwis Sarkini
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024