Kendari (Antaranews Sultra) - Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Transnaker) Sulawesi Tenggara bekerja sama dengan Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) koordinator wilayah Sultra, akan melakaukan berbagai kegiatan dalam rangka menyambut Hari Buruh Internasional 2018.

Kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu dengan jalan santai, senam bersama dan pemeriksaan kesehatan secara gratis.

Kadis Transnaker Sultra, Saemu Alwy di Kendari, Senin, mengatakan, kegiatan yang identik setiap peringatan hari buruh Intrernasional yang jatuh setiap tanggal 1 Mei selalu ditandai dengan aksi unjukrasa adalah hal yang biasa.

Hal itu, menurut dia, merupakan hak bagi pekerja terkait kesejahteraa para pekerja dengan isu masalah upah tenaga kerja yang belum tercapai sesuai yang diinginkan.

"Kagiatan peringatan May Day tahun ini bersifat positif yakni akan melakukan jalan santai, senam moumera bersama dan pemeriksaan kesehatabn gratis, Tiga momen ini adalah yang sudah kita sepakati bersama seluruh komponen yang tergabung dalam tim Lembaga Kerjasama Tripartit Sultra," ujaranya.

Tujuan kegiatan hari buruh ini adalah untuk menciptakan kondisi hubungan industrial yang adil, dinamis dan berkeadilan serta, membangun sinergitas dan komunikasi yang harmonis disamping menciptakan ketenangan bekerja dan ketenangan berusaha,

Menurut Saemu, tiga kegiatan yang positif itu akan dipusatkan di sekertariat LKS Tripartit kantor Dinas Transnaker Sultra dengan menghadirkan peserta sedikinya 700-800 orang dari seluruh perwakilan buruh dan perusahaan di Sultra.

"Saat ini sudah ada sekitar 60-an perusahaan yang menyatakan dukungannya untuk kegiatan suka ria dalam puncak Hari Buruh tersebut. dan setiap perusahaan bersedia menghadirkan karyawannya minimal 10 orang dan paling banyak 20-30 orang," ujaranya.

Menurut mantan Asisten III Setda Provinsi Sultra itu, peserta jalan santai, senam dan pengobatan gratis, oleh pihak panitia menyediakan hadiah door prize menarik dari sejumlah sponsor dan bahklan ada perusahaan yang menyatakan untuk menyumbangkan kegiatan sekali dalam satu tahun ini.

"Ini kan hari kita dan untuk kita. Maka tidak salah bila setiap perusahaan pun untuk menyediakan hadiah hiburan yang nilainya mungkin tidak seberapa," kata Khory (35), salah satu karyana hotel di Kendari.

Kasubdin Hubungan industrial dan Jamsos Distransnakr Sultra, Amir Taslim mengatakan kegiatan jalan santai, pengobatan grastis dan senam bersama itu akan dibuka Pj Gubrnur Sultra Teguh Setyabudi dengan rute dari dan Kantor Dinas Transnaker Sultra kemudian melalui beberapa jalan protokoler sepajang 2-3 kilometer, lalu kembali ke sekertariat LKS Tripartit di kantor Distransnaker Sultra.

Rangkaian hari buruh internasional, yang ditandai dengan rapat antara tim dari LKS Tripartit Sultra dan menghadirkan sebanyak 50 peserta dari perwakilan perusahaan BUMN, BUMD dan Sawsta di daerah ini

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024