Baubau (Antaranews Sultra) - Arus transportasi kapal Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara, pada semua lintasan berjalan lancar meskipun kondisi cuaca hujan melanda daerah ini dalam sebulan terakhir

Manager Usaha PT ASDP Cabang Baubau, Tri Gustanto, di Baubau, Selasa, mengatakan saat ini pengoperasian kapal feri milik ASDP pada seluruh lintasan berjalan baik, tanpa kendala dan sesuai jadwal.

"Kami dalam penyeberangan tetap sesuai dengan jadwal yang ada, kalau pun ada penumpukan kami lakukan percepatan pelayanan dengan menambah trip, namun pemuatannya disesuaikan dengan kondisi kapal," ujarnya.

Kalau pun dalam pengoperasian terdapat kendala, kata Tri, pihaknya terus melakukan koordinasi dan komunikasi untuk cepat menyelesaikannya, karena

penyeberangan itu merupakan pelayanan masyarakat dan untuk kelancaran ekonomi di daerah.

"Mudah-mudahan sampai lebaran Idul Fitri nanti tidak ada kendala apapun. Aktifitas transportasi di semua lintasan diharapkan tetap berjalan lancar," ujarnya.

Dia juga menambahkan, pihaknya dalam menghadapi Idul Fitri 1439 Hijriah akan melakukan pengecekan semua lintasan dan kapal, sehingga sebelum pelaksanaan lebaran 2018 itu kondisi transportasi berjalan lancar seperti tahun sebelumnya.

"Pengecekan itu untuk memastikan apakah ada kerusakan atau tidak. Kalau pun ada masalah yang dihadapi bisa langsung dibenahi, karena kami juga sudah dikirimkan surat dari kantor pusat ASDP dan disampaikan ke setiap cabang bahwa harus diantisipasi," ujarnya.

Kemudian, lanjut Tri, kapal yang mengalami dok (perbaikan) pada saat mendekati lebaran tidak dibolehkan. Semua harus diselesaikan lebih cepat jauh hari sebelumnya untuk melayani angkutan lebaran.

Di samping itu, kata dia, pihaknya juga dalam mengantisipasi angkutan lebaran sudah mengirim permintaan penambahan armada untuk menambah kelancaran transportasi, namun kepastian itu baru rencana dan tergantung dari kantor pusat.

"Di Surabaya (Jawa Timur) ada kapal yang bisa digunakan dan bisa dialihkan ke cabang lain. Kalau itu diberikan ke cabang Baubau, kami siap menerima untuk menambah kelancaran angkutan," katanya.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024