Kendari (Antaranews Sultra) - Pemerintah Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara, mendorong warga untuk mengembangkan sektor peternakan sebagai komoditas unggulan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Konawe, Jumrin, di Kendari, Sabtu, mengatakan pihaknya terus melakukan pembinaan kepada warga atau kelompok peternak untuk meningkatkan populasi.

"Salah satu upaya kita adalah memberikan stimulan kepada warga berupa pemberian bantuan bibit sapi untuk dikembangkan secara berkelompok," kata Jumrin.

Ia mengatakan, selain bantuan bibit sapi, pihaknya juga akan menyalurkan ternak lainnnya seperti itik petelur, ayam kampung dan kambing.

"Pemberian bantuan ternak ini, merupakan wujud dukungan dari Pemerintah Konawe dalam pengembangan usaha peternakan di daerah," katanya.

Ia berharap, kelompok peternak yang mendapatkan bantuan ternak tersebut agar dapat mengembangkannya dengan baik, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan atau perekonomian warga.

"Kalau dipelihara dengan baik dan dikembangkan tentu akan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan peternak. Kita juga berharap sektor peternakan di Konawe bisa maju pesat," katanya.

Selain itu kata Jumrin, pihaknya juga kembangkan program sapi indukan wajib bunting (SIWAB) yang diprogramkan pemerintah pusat melalui inseminasi buatan.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024