Kendari  (Antaranews) - Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Syam Alam, mengatakan harga beras medium di sejumlah pasar tradisional di daerah itu masih stabil.

"Kami mencatat harga eceran tertinggi (HET) beras medium di sejumlah pasar sekitar Rp9.450 per kilo gram. Harga itu masih stabil," kata Syam Alam, di Kendari, Kamis.

Ia mengatakan, pihaknya senantiasa menerjunkann staf setiap hari di pasar tradisional untuk melihat perkembangan harga termasuk beras.

"Kalaupun ada perbedaan harga di benerapa pedagang, tetapi tidak terlampau jauh dari harga eceran tertinggi yang ditetapkan pemerintah Rp9.450/kg," katanya.

Ia mengaku telah berkoordinasi dengan Perum Bulog agar melakukan operasi pasar bila terjadi kenaikan harga beras melebihi ambang batas.

"Bulog menyatakan kesediaan siap lakukan operasi pasar ketika ada kenaikan harga beras yang signifikan," katanya.

Ia menambahkan, secara umum stok beras di tingkat pasar masih banyak sehingga masyarakat tidak perlu panik akan kelangkaan beras.

"Informasi dari beberapa daerah sentra produksi padi di Sultra menjelang masa panen sehingga stok beras di tingkat petani akan bertambah," katanya

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024