Kendari (Antaranews Sultra) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara, menginformasikan kepada seluruh warga baik di Kota Kendari maupun di sejumlah wilayah di Sultra untuk tetap mewaspadai curah hujan ringan, sedang dan deras masih sering terjadi.

Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Adi Istiyono, di Kendari, Kamis, mengatakan, dalam kondisi saat ini tidak hanya di Sultra, tetapi di hampir seluruh wilayah di Tanah Air, kondisi hujan dengan angin disertai petir dan guntur masih berpotensi terjadi dan sering alami perubahan.

"Hujan di Kendari tidak berarti semua wilayah kabupaten juga terjadi, namun terkadang di wilayah lain justru tidak hujan (cerah). Fenomena alam itu sulit diprediksi karena terkadang di suatu wilayah hujan namun di tempat lain justru tidak," ujaranya.

Warga masyarakat di Kota Kendari khususnya bermukim di wilayah yang menjadi langganan banjir, hingga kini harus tetap waspada karena kondisi hujan, masih menyelimuti awan tebal diiringi dengan hujan ringan dan berpotensi pada siang hingga sore terjadi hujan deras.

Beberapa wilayah di Kendari yang menjadi langganan banjir yakni di Kelurahan Wundudopi, Lepo-Lepo Baruga serta beberapa kelurahan di Kecamatan Poasia, jika hujan turun warga setempat harus waspada, karena umumnya terjadi banjir kiriman yang tidak disangka-sangka.

Pada malam hari misalnya, warga komplek perumahan di Lepo-Lepo kembali terjadi banjir yang disebebkan hujan sore (21/3) hingga malam hari mengakibatkan sejumlah rumah warga tergenang banjir bercampur lunpur.

BMKG kendari merilis bahwa pada pagi hingga siang dan sore hari, kembali berpotensi hujan ringan di wilayah Sawerigadi, Langara, Labungkari, Batauga, Buranga, Wangi-wangi, Raha, Pasarwajo, Kendari, dan Bau-bau. Dan hujan lokal di wilayah Unaaha, Kolaka, dan Andoolo.

Baca juga: BMKG: waspadai cuaca sering berubah

Sementara malam hari, juga berpotensi hujan ringan di wilayah Labungkari, Sawerigadi, Langara, Buranga, Wangi-Wangi, Batauga, Raha, Pasarwajo, Lasusua, Kolaka, dan Bau-bau dan pada dini hari nanti berpotensi hujan sedang di wilayah Rumbia. Hujan ringan di wilayah Langara, Tirawuta, Wanggudu, Unaaha, Lasusua, Kolaka, Kendari, dan Andoolo.

Suhu udara antara 24 - 33 derjat celsius dengan kelembaban udara antara 60 - 95 persen dengan kecepatan angin dari barat daya ke barat laut rata-rat per 2 - 20 kilometer per jam.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024