Kolaka (Antaranews Sultra) - Dinas Sosial Kabupaten Kolaka, Sultra, menambah tenaga pendamping program keluarga harapan (PKH) untuk melakukan pendataan di semua kecamatan di daerah ini.

Kepala Bidang Perlindungan Keluarga dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kolaka, Andi Mallombassi, Rabu, menjelaskan, penambahan tenaga pendamping karena adanya penambahan jumlah penerima bantuan PKH.

"Kalau tahun lalu jumlah pendamping hanya berkisar 24 orang kemudian tahun ini ditambah 20 orang menjadi 48 orang," katanya.

Para pendamping program itu kata Andi tersebar sesuai jumlah penduduk penerima bantuan sosial dan membutuhkan data yang akurat agar bantuan ini tidak salah sasaran.

Menurutnya kecamatan yang terbanyak jumlah tenaga pendamping program PKH itu berada di Kecamatan Samaturu sekitar enam orang pendamping dan kecamatan Baula hanya dua orang pendamping.

Andi juga dengan tegas mengimbau kepada para tenaga pendamping untuk bekerja dengan profesional dan tidak melakukan intimidasi dalam melakukan pendataan sehingga warga yang berhak mendapatkan bisa menikmati program sosial dari pemerintah pusat.

"Kalau memang ada oknum aparat yang bermain maka anggaran PKH tidak akan dikeluarkan," tegasnya.

Baca juga: Khofifah Dorong Anak-anak Penerima PKH Bercita-cita Tinggi

Untuk diketahui jumlah penerima bantuan dari program keluarga harapan (PKH) dari kementerian sosial di Kabupaten Kolaka sekitar 10.268 keluarga pada 2018.

Pewarta : Darwis Sarkini
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024