Kendari (Antaranews Sultra) - Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Tenggara mempersiapkan empat cabang olahraga menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Wilayah Juli 2018 di Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Kepala Bidang Pembinaan Prestasi Dispora Sultra As`ari di Kendari, Jumat, mengatakan Popwil strategis bagi atlet karena sebagai ajang perebutan tiket menuju Pekan Olahraga Pelajar Nasional 2019 di Papua.

Empat cabang olahraga yang akan mewakili Sultra di arena Popwil adalah sepak takraw, pencak silat, bulu tangkis dan tenis meja.

Sedangkan cabang olahraga dayung yang menjadi primadona Sultra tidak melalui Popwil tetapi sudah dinyatakan lolos Popnas sehingga menjadi keberuntungan bagi atlet-atlet dayung pelajar Sultra.

"Sebenarnya panitia Popwil membuka peluang sebanyak-banyaknnya cabang olahraga yang ikut berpartisipasi tetapi bagi Dispora Sultra berkomitmen mengirim cabang olahraga yang berpeluang merebut tiket Popnas 2019," kata As`ari.

Pelatih pencak silat Sultra Alimin mengatakan persaingan perebutan tiket Popnas dari arena Popwil cukup ketat sehingga atlet harus dipersiapkan seoptimal mungkin.

Baca juga: Sultra siapkan pesilat pelajar menuju Popwil

"Atlet belum dipersiapkan khusus tetapi latihan rutin dengan program latihan normal terus berlangsung sehingga stamina terjaga dengan baik," kata Alimin.

Ia mengharapkan sebelum para pesilat berlaga di Popwil diperlukan uji tanding di luar Sultra sebagai bahan evaluasi perkembangan latihan sebelumnya.


(T.S032/B/H015/H015) 16-03-2018 10:56:03

Pewarta : Sarjono
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024