Kendari (Antaranews Sultra) - Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Sulawesi Tenggara terus mengembangkan program Rumah Pangan Kita (RPK) untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Salah satu cara meningkatkan perekonomian masyarakat, Bulog menyiapkan sarana Rumah Pangan Kita (RPK) sebagai tempat transaksi jual beli," kata Kepala Bulog Divre Sultra, La Ode Amijaya Kamaludin, di Kendari, Kamis.

Ia mengatakan, warga yang menjadi mitra Bulog karena membentuk RPK untuk membantu menjual produk-produk dari Bulog.

"Dengan rata-rata penghasilan merka itu mencapai Rp juta/hari. Salah satunya memberdayakan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk simpan pinjam tapi bukan pinjaman tunai seperti pada umumnya tapi dalam bentuk barang," katanya.

Mekanismenya, warga pinjam dana tunai pengembaliannya dalam bentuk produk dan pihak Bulog akan memfasilitasi penjualannya hingga kedaerah lain.

"Diharapkan juga dengan kehadiran Bulog, bisa bersinergi bersama Pemda dan masyarakat sehingga benar-benar memberikan mamfaat nyata kepada masyarakat," katanya

Bulog kata dia, siap All Out membantu memecahkan masalah dan memberikan solusi dalam setiap pelaksanaannya, yang tujuan akhirnya untuk meningkatkan penghasilan dan perekonomian masyarakat luas.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024