Kendari (Antaranews Sultra) - Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara (Sultra), mendorong warga atau petani untuk terus mengembangkan komoditas tanaman kelapa.

Kabag Humas Konawe Kepulauan, Arsyad Salam, di Kendari, Sabtu, mengatakan upaya itu dilakukan untuk mengembalikan kejayaan kelapa di daerah itu.

"Sejak dahulu Konawe Kepulauan ini dikenal sebagai salah satu daerah sentra komoditas kelapa di Sultra, semangat budidaya kelapa ini harus terus didorong," kata Arsyad.

Ia mengatakan, upaya pemerintah daerah untuk mengembangkan komoditas kelapa ini telah mendapat perhatian dari pemerintah pusat melalui Menteri Pertanian.

"Saat Menteri Pertanian Amran Sulaimen berkunjung di Konawe Kepulauan beberapa bulan lalu telah memberikan bantuan peremajaan ribuan tanaman kepala di daerah ini," katanya.

Menurut dia, meskipun Konawe Kepulauan di kelilingi oleh lautan, tetapi sektor pertanian menjadi penunjang utama perekonomian warga setempat.

"Tanaman kelapa adalah yang paling utama dan banyak dibudidaya oleh masyarakat yang masih diolah secara tradisional yakni dibuat kopra kemudian dijual di Kendari," katanya.

Disebutkan, luas tanaman kelapa di Kabupaten Konawe kepulauan mencapai 11.561 hektare yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada di daerah otonomi baru tersebut


Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024