Baubau (Antaranews Sultra) - Harga komoditas bawang putih di sejumlah pasar tradisional di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam sepekan terakhir mengalami kenaikan.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pengawasan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Baubau, Nurhayati, di Baubau, Sabtu, megatakan salah satu kebutuhan pokok bumbu dapur itu mengalami kenaikan dari Rp25.000 menjadi Rp26.500 per kilogram.

"Ada kenaikan Rp1.500. Mungkin ini faktor cuaca buruk seperti musim ombak yang mempengaruh proses pengiriman dari daerh produsen ke sejumlah daerah konsumen khusnya ke Kota Baubau.

Akibatnya, banyak jadwal kapal pengantar pasokan bawang tertunda, sehingga dengan alasan itu biaya transpor pengantarannya ikut naik yang berdampak pada penjualan di tingkat konsumen.

"Kita berharap, sejumlah harga barang mengalami penurunan sehingga masyarakat mudah menjangkau dengan harga yang murah," ujarnya.

Sedangkan, harga cabai tetap stabil seperti cabai merah besar Rp28.000 per kilogram, cabai kriting Rp40.000, dan cabai rawit Rp15.000 per kilogram.

Sementara jenis bumbu lainnya seperti bawang merah, lada, kerumbar, kemiri kupas, garam beryodium hingga daun salam masih tetap normal dan persediaan ditingkat pengecer cukup banyak hingga beberapa hari kedepan.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024