Baubau (Antaranews Sultra) - Kepolisian Resort Kota Baubau, Sulawesi Tenggara mengukuhkan duta kampanye damai masing-masing pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Baubau 2018, Jumat.

Kapolres Baubau, AKBP Daniel Widya Mucharam mengatakan duta kampanye damai itu akan melaksanakan tiga tujuan yakni memberikan beban kepada tim sukses untuk ikut bersama-sama menjaga keamanan dalam pelaksanaan kampanye dan juga memberikan pesan-pesan kepada agen-agen dimasing-masing paslon untuk melalukan imbauan kampanye damai.

Kemudian, lanjut Daniel, apabila terjadi sesuatu yang mungkin disaat kampanye yang sifatnya provokatif maka para duta tersebut yang ikut berperan melakukan konsolidasi.

"Jadi tugas duta kampanye damai ini diberikan simbol berupa selendang dan pin. Pada saat melaksanakan kampanye duta ini akan hadir untuk menyampaikan imbauan sebelum pelaksanan kampanye agar melaksanakannya dengan damai," katanya lagi.

Dikatakannya, pengukuhan duta kampanye diambil sebanyak dua orang putra/putri dari masing-masing paslon adalah simbol bahwa semua tim sukses punya beban untuk melaksanakan kampanye damai.

"Kordinasinya tentu menyampaikan pesan-pesan supaya pelaksanaan kampanye dilakukan dengan damai. Kemudian mereka menjadi sarana untuk memberikan kita informasi, sehingga apabila dalam pelaksanaan kampanye ada hal-hal yang bisa membawa suasana lebih profokatif merekalah yang pertama akan kita tanya," ujarnya.

Dia juga mengatakan, kegiatan pengukuhan duta kampanye damai itu untuk menindak lanjuti yang dilakukan Kapolda Sultra yang sebelumnya mengukuhan rumah baruga di Buton.

"Sekarang kita break down di Baubau lagi dan fokus pada kampanye yakni melaksanakan pengukuhan duta kampanye ini," katanya.

Pewarta : Yusran
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024